ROSKOSMOS, those who stand out from the crowd!

Q : Perusahaan apa yang paling kreatif dan innovatif?

A : hmm, menjawab pertanyaan ini tentu tidak mudah bukan? pun, jawaban akan sangat subjektif. tapi, karena ini perlu dijawab, maka liwat posting ini kami akan coba berbagi pandang tentang perusahaan yang layak diberi predikat itu.  “A Creative Company”.

Q : kenapa musti company, apakah koperasi tidak ada yang kreatif?

A : musti company karena itu kehendak tor tugas :p

Q : apakah company itu?

A : menurut kamus.itb.ac.id, Company adalah kata benda (j. -nies) 1 perusahaan, firma, maskapai. 2 kompi. 3 teman-teman, tamu-tamu. 4 rombongan.

======semakin ngga nyambung====

karena bentuk kreatif bisa macam-macam (lihat disini), maka kriteria kreatif sebuah perusahaan juga bisa dipandang dari berbagai sisi. meminjam analogi pak dosen minggu lalu, microsoft kreatif karena berhasil mencipta software komputer dengan harga lebih murah sehingga sukses di pasar. sebaliknya, Apple juga kreatif karena selalu mengkreasi produk-produk teknologi yang high end. oleh sebab itu, kita tidak bisa secara objektif mengukur perusahaan mana yang lebih kreatif. Microsoft kah? atau Apple kah? well, disini berlaku prinsip perbandingan yang harus setara, apple to apple comparation!

Jadi, sepakat bukan klo menilai kreatifitas perusahaan bisa dari berbagai sisi? postingan ini akan menilai tingkat kreatifitas perusahaan dari keunikan businessnya. Dan, mari kita putuskan bahwa perusahaan kreatif yang masuk kriteria ini adalah perusahaan yang merk-nya jadi judul tulisan.

Roskomos (Russia Federal Space Agency)

Russia merupakan negara pertama yang berhasil mengirim  manusia bumi melintasi orbit luar angkasa. keberhasilan kosmonot Yuri Gagarin menggagahi orbit tidak hanya menandai era baru dalam peradaban kita, first ever human being who uncover the last frontier. Tapi tentu saja membuat amerika meraung-raung kesakitan karena kebakaran jenggot :D.

kali ini, Russia kembali men-dazzle seantero bumi dengan (lagi-lagi) mengirimkan manusia jalan-jalan ke luar angkasa. “Manusia Jalan-Jalan“, orang yang dikirimkan ke luar angkasa untuk hang out, buat leyeh-leyeh aka berpariwisata!!

nah, ini jadi alasan saya bilang roskosmos sebagai perusahaan kreatif. Roskosmos -meski bukan private body, lebih pas disebut BUMN-nya Russia- menjadi agen perjalanan yang menerapkan prinsip new wave marketing (Branding, Positioning dan Differentiating) dengan sangat kuat.

1. roskomos, merupakan segelintir “agen perjalanan” yang memiliki predikat “ter” paling banyak. Diantaranya ter-high end technology; ter-expensive; dan ter-exclusive. ketiga kategori “ter” membuat perusahaan ini memiliki level differentiating yang tinggi.

2. bisnis pariwisata yang dilakukan roskomos “stand out from the crowd”, sangat keluar dari pakem business as usual. roskomos memaknai pareto law (80/20) dengan impressive. prinsip ketidakseimbangan yang mengklaim 80 persen kuasa ekonomi dunia berada di tangan kurang dari 20 persen populasi ini, benar-benar  dibuktikan roskomos.

coba bayangkan ada berapa banyak agen perjalanan di muka bumi ini? bisa jadi jutaan bukan? nah, dari jutaan agen perjalanan tersebut, berapa banyak yang menawarkan perjalanan wisata ke luar angkasa?! tidak sampai lima jari (NASA, ESA). lima jari ini yang pada akhirnya memiliki omzet pariwisata yang sangat tinggi. bagaimana tidak, sekali jalan orang harus bayar 300 milliar!! those all the da*n money cuma buat perjalanan bolak-balik dua minggu saja!

bergerak di dunia “leisure/waktu luang” berbiaya multi miliar rupiah (+/- US 30 juta) yang pangsa pasarnya sangat-sangat niche -top 2% warga dunia- merupakan strategi positioning yang luar biasa!

3. perjalanan wisata ala roskosmos juga phenomenal. sebagai wisatawan kita bisa langsung mendadak terkenal. lihat saja Richard Galliot. miliyuner game asal Amerika ini beroleh publikasi gratis yang luar biasa setelah dirinya resmi jadi kliennya roskosmos. bukan hanya itu, roskosmos membuat aura digdaya russia semakin menggema. inilah Branding!

well, bagaimana prospek bisnis ini? hmm..pembahasannya mungkin bisa kita lanjutkan lain kali. sekarang kuliah dulu 😀

-kris

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: